PENGARUH KECEPATAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT MARGA MANDALA SAKTI PADA GERBANG TOL SERANG TIMUR

Authors

  • Ahmad Munawir Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.46306/sm.v1i1.5

Keywords:

Transaction speed, satisfaction, Kecepatan transaksi, kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan transaksi terhadap kepuasan pelanggan di Gerbang Tol Serang Timur. Variabel penelitian independen adalah kecepatan transaksi (X). Sedangkan variabel terikat adalah kepuasan (Y). Metode penelitian yang digunakan para peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dan memeriksa penyebab gejala tertentu. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana untuk menentukan besarnya pengaruh antar variabel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes validitas, tes keandalan, tes keandalan, tes model, dan tes regresi linier sederhana. Hasil penelitian memperoleh koefisien korelasi (R) = 0,759, yang berarti ada hubungan yang kuat antara kecepatan transaksi dan kepuasan pelanggan. Sebaliknya, koefisien penentuan (Kd) yang disesuaikan, yang berarti besarnya kemampuan variabel independen dalam bekerja sebesar 75,90%, sedangkan 24,10% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Selain itu, persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = 12.146 + 0.705X. Dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel, yaitu, 8.255> 1.675 (Ho ditolak), dapat dikatakan Ho ditolak, dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh signifikan antara kecepatan transaksi kepuasan

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bugati. 2004. Info Tol. Serang: PT Marga Mandalasakti.

Gronros. 1990. Service Manajemen and Marketing. Lexington: Massachusetts.

Karina. 2011. Modul Praktek Statistika dengan SPSS. Serang: STIE Bina Bangsa.

Kasiram, H. Mohamad. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif – Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press.

Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyelengaraan Pelayanan Publik

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy 2009. Measuring Custumer Satisfaction: Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratminto dan Atika Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Keenam. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Umar, Husein. 2005. Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-06-30